Cara Membuat Subdomain Dari Cloudflare dan Hosting Dari Github secara Gratis

 

Apa itu Github?

GitHub adalah platform pengelolaan proyek dan kolaborasi pengembangan perangkat lunak berbasis web. Ini memungkinkan pengembang dan tim pengembangan untuk bekerja sama dalam proyek, mengelola kode sumber, melacak perubahan, dan berbagi kontribusi. GitHub menggunakan sistem kontrol versi Git untuk melacak perubahan dalam kode sumber, memungkinkan pengguna untuk bekerja secara bersama-sama pada proyek-proyek perangkat lunak.


Apa itu Cloudflare?

Cloudflare adalah perusahaan teknologi yang menyediakan berbagai layanan keamanan dan kinerja untuk situs web dan aplikasi online. Mereka terkenal karena menyediakan layanan Content Delivery Network (CDN), firewall aplikasi web (WAF), dan banyak alat keamanan dan optimisasi lainnya.

Selain itu Cloudflare juga menyediakan subdomain gratis yang dapat diintegrasikan ke aplikasi popular lainnya seperti Github dan Gitlab.


Membuat Subdomain Gratis Dari Cloudflare dan Hosting Gratis Dari Github

Ini adalah fitur yang sangat berharga untuk sebagian orang, karena mereka dapat membuat situs web secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikitpun.

Kenapa bisa seperti itu?
1. Subdomain gratis dari Cloudflare
2. Hosting Gratis dari Github

Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Buat Repository
Buatlah repository di Github. Jika kamu belum mempunyai akun github daftar disini.


2. Buat File Pada Repository
Jika sudah selesai membuat repository, buatlah file pada repository tersebut 


3. Hubungkan ke Github
Lalu masuk ke halaman pages.cloudflare.com, lalu klik Connect to Git lalu akan ada 2 opsi yaitu Github dan Gitlab, pilih Github. jika kamu belum mempunyai akun Cloudflare daftar disini.


4. Installasi
Setelah itu kamu akan dihadapkan seperti tampilan dibawah ini, ikuti saja seperti gambar dibawah ini dan klik Install & Authorize


5. Pilih Repository
Pilih atau klik repository yang tadi kamu buat di Github


6. Proses Installasi
Tunggu sampai proses installasi selesai

7. Subdomain Telah Dibuat
Setelah selesai kamu akan dihadapkan halaman seperti ini yang berarti subdomain yang kamu buat telah siap dibuat dan bisa digunakan.

8. Cek Subdomain
Pada tahap terakhir coba akses subdomain tersebut apakah sudah benar benar berjalan atau tidak


Akhir Kata
Dengan adanya fitur ini sangat bermanfaat untuk sebagian orang, selain karena gratis subdomain yang dibuat dari domain pages.dev mempunyai nilai yang bagus. Dengan seperti ini berarti subdomain ini memiliki banyak manfaat.